Senin, 06 Juni 2011

Manual – Basic : Alat Bantu Pemecah Masalah Mikrotik


--Sebelum, kita melihat perintah yang paling signifikan untuk memeriksa konektivitas dan pemecahan masalah, di sini adalah saya sedikit tentang cara untuk memeriksa jaringan host komputer parameter pada interface.

--Jendela Microsoft memiliki seluruh alat baris perintah membantu yang membantu pengujian dan mengkonfigurasi LAN / WAN interface.Kita akan melihat hanya pada alat yang biasa digunakan jaringan Windows dan perintah.

--Semua alat-alat yang sedang berlari dari terminal windows.Menuju ke Start / Run dan masukkan "cmd" untuk membuka jendela Command.

--Beberapa perintah pada windows adalah:

ipconfig - digunakan untuk menampilkan TCP / nilai konfigurasi jaringan IP. Untuk membukanya, masukkan " ipconfig "pada command prompt,seperti gambar di bawah ini:

Ada juga berbagai fungsi tambahan untuk ipconfig. Untuk mendapatkan daftar opsi tambahan, masukkan " ipconfig /? " atau " ipconfig -? ".

netstat - menampilkan koneksi TCP dan port yang aktif di mana komputer adalah mendengarkan, statistik Ethernet, tabel routing IP, statistik untuk, ICMP, TCP, dan UDP Protocols. Ia datang dengan sejumlah pilihan untuk menampilkan berbagai properti dari jaringan dan koneksi TCP "netstat -?".,seperti gambar di bawah ini:

nslookup - adalah command-line tool administrasi untuk pengujian dan troubleshooting server DNS. Sebagai contoh, jika Anda ingin tahu alamat IP "www.google.com", masukkan "nslookup www.google.com" dan Anda akan menemukan bahwa ada alamat yang lebih 74.125.77.99, 74.125.77.104, 74.125.77.147.seperti gambar di bawah ini:

netsh - adalah alat administrator dapat digunakan untuk mengatur dan memonitor komputer berbasis Windows pada command prompt.Hal ini memungkinkan mengkonfigurasi Interface, routing protocols, routes, routing filter dan menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan.

Sangat perintah sejenis tersedia juga pada mesin seperti Unix-like .Hari ini di sebagian besar distribusi Linux pengaturan jaringan dapat dikelola melalui GUI, tetapi selalu baik untuk menjadi akrab dengan perangkat command-line.Berikut adalah daftar perintah jaringan dasar dan peralatan di Linux:

ifconfig - itu mirip seperti perintah ipconfig pada windows. Ini memungkinkan mengaktifkan / menonaktifkan adapter jaringan, ditugaskan alamat IP dan netmask rincian serta tampilkan konfigurasi antarmuka jaringan.

iwconfig - iwconfig alat seperti ifconfig dan ethtool untuk Wireless Card.Yang juga melihat dan mengatur Wi-Fi rincian dasar jaringan.

nslookup - memberikan nama host dan perintah akan kembali alamat IP.

netstat - mencetak koneksi jaringan, termasuk koneksi port, tabel routing, statistik interface, koneksi masquerade, dan banyak lagi. ( netstat – r, netstat - a ) (Netstat - r, netstat - a)

ip - menampilkan / memanipulasi routing, devices, policy routing dan tunnels di linux-mesin.
Sebagai contoh, periksa alamat IP pada antarmuka menggunakan perintah ip:
$ip addr show

Anda dapat menambahkan route ip statis menggunakan perintah berikut:
Contoh : ip route add alamat JARINGAN} {{melalui alamat hop berikutnya} dev {DEVICE}, misalnya:
$ Ip route add 192.168.0.0/24 via 192.168.0.1 dev eth1

alat yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil alat jaringan yang tersedia di Linux.Ingatlah jika Anda ingin informasi lengkap tentang alat dan perintah opsi menggunakan perintah man.Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui semua opsi pada pria menulis perintah ifconfig ifconfig di terminal.

Periksa konektivitas jaringan
Menggunakan perintah ping

Ping adalah salah satu sering digunakan dan perintah yang paling dikenal.Administrasi utilitas yang digunakan untuk menguji apakah suatu host tertentu dapat dicapai di seluruh jaringan Internet Protocol (IP) dan mengukur waktu round-trip untuk paket yang dikirimkan dari host lokal ke host tujuan, termasuk Interface sendiri host lokal.

Ping menggunakan Internet Control Message Protocol (ICMP) echo protokol untuk respon dan echo request. Ping mengirim paket ICMP echo request ke host target dan menunggu respon ICMP. Ping menampilkan output minimal, rata-rata dan waktu maksimum yang digunakan untuk paket ping untuk menemukan sistem tertentu dan kembali.
Dari PC:
Windows:

Tekan Ctrl-C untuk menghentikan proses ping.
Dari MikroTik:

Tekan Ctrl-C untuk menghentikan proses ping.
Menggunakan perintah traceroute
Traceroute menampilkan daftar paket router yang berjalan melalui untuk sampai ke sebuah host remote. traceroute atau alat tracepath tersedia di hampir semua Unix-seperti sistem operasi dan tracert pada sistem operasi Microsoft Windows.
Traceroute operasi berdasarkan nilai TTL dan ICMP "Sisa Melebihi" message. Ingat bahwa nilai TTL dalam header IP digunakan untuk mencegah routing loopSetiap hop menurunkan TTL nilai dengan 1.Jika TTL mencapai nol, paket tersebut akan dibuang dan ICMP Time Melebihi pesan yang dikirim kembali ke pengirim ketika hal ini terjadi.
Awalnya oleh traceroute, nilai TTL diset ke 1 ketika router berikutnya menemukan paket dengan TTL = 1, set nilai TTL ke nol, dan merespon dengan ICMP "waktu melebihi" pesan ke sumbernya. Pesan ini memungkinkan sumber mengetahui bahwa paket melintasi bahwa router tertentu sebagai suatu loncatan. waktu nilai TTL Next bertambah dengan 1 dan seterusnya. Biasanya, setiap router di jalur menuju tujuan decrements bidang TTL dengan satu unit TTL mencapai nol.
Menggunakan perintah ini Anda dapat melihat bagaimana paket perjalanan melalui jaringan dan di mana mungkin gagal atau memperlambat.Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat menentukan komputer, router, switch atau perangkat jaringan lain yang mungkin menyebabkan masalah jaringan atau kegagalan.
Dari komputer Pribadi:
Windows:

Dari MikroTik:

Log Files
Sistem kegiatan pemantauan fasilitas memungkinkan untuk masalah yang berbeda debug menggunakan Log.File log adalah file teks yang dibuat di server / router / host menangkap berbagai jenis kegiatan pada perangkat.File ini adalah sumber data primer analisis.RouterOS mampu penebangan kejadian berbagai sistem dan informasi status. Log dapat disimpan dalam memori router (RAM), disk, file, dikirim melalui email atau bahkan dikirim ke server syslog remote.
Semua pesan yang disimpan dalam memori router lokal dapat dicetak dari /log menu. Setiap entri berisi waktu dan tanggal saat peristiwa terjadi, topik bahwa pesan ini milik dan pesan itu sendiri.
Contoh:

Torch (/tool torch)
Traffic Torch alat pemantauan realtime yang dapat digunakan untuk memantau arus Traffic melalui sebuah interface.
Anda dapat memonitor lalu lintas diklasifikasikan oleh nama protokol, alamat sumber, alamat tujuan, port. Torch menunjukkan protokol yang telah Anda pilih dan tx / rx data rate untuk masing-masing.
Packet Sniffer (/tool sniffer)
Packet sniffer adalah alat yang dapat menangkap dan menganalisa paket yang dikirim dan diterima oleh interface tertentu. packet sniffer menggunakan format libpcap.
Konfigurasi Packet Sniffer
Pada contoh berikut ini streaming-server akan ditambahkan, streaming akan diaktifkan, file-nama akan ditetapkan dan packet sniffer tes akan dimulai dan dihentikan setelah beberapa waktu:

Di sini Anda dapat menentukan parameter packet sniffer yang berbeda, seperti jumlah maksimum memori yang digunakan, batas ukuran file di KBS.
Menjalankan Packet Sniffer Tool
Ada tiga perintah yang digunakan untuk mengendalikan operasi runtime dari packet sniffer:
/tool sniffer start, /tool sniffer stop, /tool sniffer save.
Perintah start digunakan untuk memulai / reset sniffing, stop - berhenti sniffing.Untuk menyimpan saat sniffing paket dalam file tertentu save perintah yang digunakan.

Di bawah sniffer paket akan disimpan dalam file bernama StreamingSaya:

Lihat paket Sniffer
Ada juga submenu berbeda tersedia untuk dilihat Paket Sniffer.
/tool sniffer packet - menampilkan daftar paket sniffer
/tool sniffer protocol - menampilkan semua jenis protokol yang telah di Sniffer
/tool sniffer host - menampilkan daftar host yang berpartisipasi dalam pertukaran data Sniffer anda.
Sebagai contoh:

Gambar di bawah menunjukkan sniffer GUI di Winbox , yang lebih user-friendly.

Bandwidth test
Bandwidth Test dapat digunakan untuk mengukur throughput (Mbps) ke router MikroTik (baik kabel atau nirkabel jaringan) dan dengan demikian membantu untuk menemukan jaringan "kemacetan" - titik jaringan dengan throughput terendah.
test BW menggunakan dua protokol untuk menguji bandwidth:
--TCP - menggunakan prinsip-prinsip operasi standar protokol TCP dengan semua komponen utama seperti inisialisasi sambungan.Harap tinjau protokol TCP untuk rincian tentang setting kecepatan internal dan bagaimana menganalisis perilaku.Statistik untuk throughput dihitung menggunakan ukuran seluruh data stream TCP. Sebagai pengakuan adalah kerja internal TCP, ukuran dan penggunaan link tidak termasuk dalam statistik throughput.Oleh karena itu statistik tidak dapat diandalkan seperti statistik UDP ketika memperkirakan throughput.
-- lalu lintas UDP - mengirimkan paket 110% atau lebih dari saat ini dilaporkan sebagai yang diterima di sisi lain dari link.Untuk melihat throughput maksimum link, ukuran paket harus ditetapkan untuk MTU maksimum yang diperbolehkan oleh link yang biasanya 1500 byte. Tidak ada pengakuan diperlukan oleh UDP, implementasi ini berarti bahwa pendekatan terdekat throughput dapat dilihat.
--Ingat bahwa Bandwidth Test menggunakan semua bandwidth yang tersedia (secara default) dan dapat berdampak kegunaan jaringan.
Jika Anda ingin menguji throughput nyata dari sebuah router, anda harus menjalankan tes bandwidth melalui router tidak dari atau untuk itu.Untuk melakukan ini, Anda memerlukan setidaknya 3 router terhubung dalam rantai:
Bandwidth server ---- router yang diuji ---- Bandwidth Klien.
Catatan: Jika Anda menggunakan protokol UDP kemudian Bandwidth Test menghitung header IP + UDP UDP header + data. Dalam kasus jika Anda menggunakan TCP kemudian Bandwidth Test jumlah hanya data TCP (TCP header dan header IP yang tidak termasuk).
Contoh konfigurasi:
Server
Untuk mengaktifkan bandwidth-test server dengan otentikasi klien:

Client
Jalankan UDP bandwidth tes di kedua arah, nama pengguna dan password tergantung pada Server Bandwidth remote.Dalam hal ini nama pengguna adalah 'admin' password ‘interface’

Profiler
Profiler adalah alat yang menunjukkan penggunaan CPU untuk setiap proses berjalan pada RouterOS.Ini membantu untuk mengidentifikasi proses yang menggunakan sebagian besar sumber daya CPU.

--Selesai--

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Manual – Basic : Alat Bantu Pemecah Masalah Mikrotik”

Poskan Komentar

 

Copyright © 2011 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Arief Binsar Tampubolon .